Spiga

Tutorial cara membuat rumput di 3dsMax

Dalam tutorial ini kita akan belajar membuat rumput dengan menggunakan fitur yang sudah ada di dalam 3dsMax 8 ke atas.
Fitur tersebut bernama Hair and Fur.
Fitur ini tidak saja berfungsi untuk membuat rumput, namun sesuai dengan namanya dapat juga membuat rambut dan bulu 3 Dimensi. Dengan adanya fitur ini, objek rumput yang dibuat akan tampil lebih nyata dan realistik.
Mari kita mulai membuat rumputnya :

1. Pertama kita buat Plane dari Command Panel, klik tab Create > Geometry > Plane (Object tersebut bernama Plane01)
2. Buka rollout KeyboardEntry dan Anda isikan nilai seperti petunjuk gambar dibawah. Lalu klik tombol   Create
3. Buka Tab Modify
4. Pada rollout Parameter isi Length dan Width seperti gambar dibawah
5. Ubah warna Plane01 dengan cara klik kotak warna seperti petunjuk dibawah
6. Kerena Plane01 akan dijadikan dasar untuk rumput yang akan kita buat, maka kita ubah warnanya menjadi warna tanah (coklat)
7. Langkah selanjutnya kita akan menumbuhkan rumput pada object Plane01
8. Klik Hair and Fur (WSM)
9. Pada posisi Hair and Fur (WSM) ter-select, Pilih Material Parameters dan ubahlah Tip Color juga       Root Color dengan cara meng-klik warna tersebut
 
10. Dengan meng-klik Tip Color/Root Color, akan muncul kotak Color Selector: Hue Variation seperti gambar dibawah.Kita tinggal menggeser mouse untuk merubah warna sesuai yang kita inginkan.
11. Langkah ter-akhir, silahkan render rumput anda.

12. Inilah hasil rumput yang kita buat.

Silahkan berkunjung ke CRAZY FREE DOWNLOAD untuk mengunduh Softwares/Tutorials lain yang anda butuhkan.
Free,download,tutorial,gratisan,softwares,Evermotion Arcmodels,SketchUp,Plug-in,v-ray,mental-ray,3dsmax,rendering

Artikel Terkait:

  Anonymous

February 21, 2013 12:00 PM

sangat bermanfaat tq

Post a Comment