Sumber dari : 3dsmaxtutorials.net
Naskah asli : Bahasa Inggris
Diterjemahkan oleh : Jumadi
Dalam tutorial ini kita akan belajar cara cepat membuat bentuk jamur. Langkah-langkah dapat lebih disederhanakan, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memiliki objek jamur bagus & fleksibel.
Kita akan mulai dengan sebuah bola seperti dalam tampilan perspektif (parameter: Radius: 60, Segmen: 48). Tekan Z untuk memperbesar tampilan.
Buka parameter,kemudian isikan : Amount: 4, Curve: -0,5, Limit Efek: [v],
Upper Limit: 10, Lower Limit: -15) dan bentuknya sudah mulai terlihat seperti jamur.
Langkah selanjutnya,klik parameter Soft selection.Centang Use soft selection.Biarkan affect backfacing ON dan ubah Falloff sampai 30. Pada tampilan depan, pilih dua baris semua nodeseperti terlihat dalam gambar.
Tambahkan modifier Edit Mesh.
Masih di tampilan depan, gunakan Pindah alat untuk menggeser vertex memilih beberapa unit sebelah bawah
Untuk meratakan bagian bawah kaki jamur, pilih vertex yang sesuai
Dengan vertex masih dipilih, klik tombol Make Planar untuk membuat kaki yang rata.
Pilih semua node pada dua baris paling bawah dan gunakan taper. Soft seleksi harus ON sampai pembuatan jamur selesai.
Sampai tahap ini kita telah berhasil membuat jamur,tapi kaki jamur masih terlihat kurang proporsional atau masih kurus.Kita akan mengubah sedikit setting (scale pada node) untuk membuat tampilan kaki jamur lebih bagus.
Kembali ke Modifier & pilih taper.
Pada tombol parameter taper,isi Amount dengan -1.0
Kita bisa mengubah amount pada taper parameter untuk membuat beberapa bentuk jamur yang berbeda.
Dan gambar bawah adalah contoh hasil dari modifikasi bentuk jamur yang kita buat tadi.
Naskah asli : Bahasa Inggris
Diterjemahkan oleh : Jumadi
Dalam tutorial ini kita akan belajar cara cepat membuat bentuk jamur. Langkah-langkah dapat lebih disederhanakan, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memiliki objek jamur bagus & fleksibel.
Kita akan mulai dengan sebuah bola seperti dalam tampilan perspektif (parameter: Radius: 60, Segmen: 48). Tekan Z untuk memperbesar tampilan.
Buka parameter,kemudian isikan : Amount: 4, Curve: -0,5, Limit Efek: [v],
Upper Limit: 10, Lower Limit: -15) dan bentuknya sudah mulai terlihat seperti jamur.
Langkah selanjutnya,klik parameter Soft selection.Centang Use soft selection.Biarkan affect backfacing ON dan ubah Falloff sampai 30. Pada tampilan depan, pilih dua baris semua nodeseperti terlihat dalam gambar.
Tambahkan modifier Edit Mesh.
Masih di tampilan depan, gunakan Pindah alat untuk menggeser vertex memilih beberapa unit sebelah bawah
Untuk meratakan bagian bawah kaki jamur, pilih vertex yang sesuai
Dengan vertex masih dipilih, klik tombol Make Planar untuk membuat kaki yang rata.
Pilih semua node pada dua baris paling bawah dan gunakan taper. Soft seleksi harus ON sampai pembuatan jamur selesai.
Sampai tahap ini kita telah berhasil membuat jamur,tapi kaki jamur masih terlihat kurang proporsional atau masih kurus.Kita akan mengubah sedikit setting (scale pada node) untuk membuat tampilan kaki jamur lebih bagus.
Kembali ke Modifier & pilih taper.
Pada tombol parameter taper,isi Amount dengan -1.0
Kita bisa mengubah amount pada taper parameter untuk membuat beberapa bentuk jamur yang berbeda.
Dan gambar bawah adalah contoh hasil dari modifikasi bentuk jamur yang kita buat tadi.
Post a Comment