Spiga

Membuat Object Bersinar Menggunakan Video Post



Membuat sebuah object agar bisa bersinar seperti diatas sangatlah mudah dan bisa dengan berbagai macam cara.
Disini saya akan mencoba membuat object supaya bisa bersinar dengan langkah yang sangat sederhana menggunakan Video Post.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Bukalah program 3ds Max anda lalu buatlah object sembarang...misalkan kita buat
sphere/bola seperti gambar dibawah ini.



2. Kemudian kita coba beri material pada object tersebut menjadi berwarna merah seperti terlihat pada gambar dibawah.



3. Dan object sphere akan terlihat seperti pada gambar dibawah.



4. Dengan kondisi object sphere terseleksi,klik kanan dan pilih properties.
Akan muncul kotak object properties dan isilah 1 pada object ID yang awalnya berisi 0



5. Langkah selanjutnya,klik pada menu rendering ---> video post seperti terlihat pada gambar dibawah.



6. Kemudian akan muncul kotak video post dan klik pada tombol add scene event



7. Pilihlah perspective Pada kotak add scene event tersebut kemudian tekan tombol ok



8. kembali ke kotak video post.
Dengan posisi perspective terseleksi,klik pada tombol add image filter event seperti gambar dibawah ini.



9. Setelah muncul kotak add image filter event,klik pada tulisan contrast dan ganti dengan lens effect glow kemudian klik setup



10. Pada kotak lens effects glow,pilih properties dan isilah object ID dengan angka 1.
Pilih warna pada hue sesuai keingunan anda.
Kemudian pilih preferences dan pada color gantilah warna dan intensitasnya sesuai keinginan anda dan klik preview.
Anda bisa mencoba-coba intensitas dengan memasukkan angka yang berbeda-beda sampai anda merasa cocok dan klik ok.



11. Kemudian kembali ke kotak video post...klik execute sequence.
Maka akan keluar kotak execute video post,pada time output pilihlah single
dan pilih output size sesuai keinginan anda.





12. Klik render dan lihat hasilnya dibawah ini.



Selamat pembuatan object bersinar anda telah selesai dan dari tutorial sederhana ini anda bisa mengembangkan sendiri penggunaannya pada gambar-gambar 3d yang anda buat.
Semoga posting kali ini bisa bermanfaat buat anda.





Artikel Terkait:

Post a Comment